Spread the love

Tak bisa dipungkiri bahwa dampak dari pandemi Covid-19 bagi perekonomian Indonesia ini cukup terasa. Banyaknya pemutusan kontrak kerja atau PHK, penurunan penghasilan bahkan usaha-usaha yang gulung tikar.

Alasan Menjadi Freelancer Di Tengah Pandemi

Menjadi seorang freelancer di tengah pandemi ini merupakan salah satu pilihan yang tepat karena saat ini bekerja dari rumah masih diberlakukan di beberapa tempat. Banyaknya waktu luang yang dimiliki ini membuat semakin mudah untuk menjadi seorang freelancer. Mengingat untuk menjadi seorang freelancer ini membutuhkan waktu yang fleksibel atau tidak perlu waktu khusus untuk bekerja. Jika sebelumnya kamu bekerja dikantor dan pulang dalam keadaan lelah. Saat ini karena dirumah saja kamu bisa meluangkan waktu yang lebih banyak lagi.

Tips Menjadi Freelancer

Tak ada salahnya ketika kamu ingin mencoba beralih menjadi seorang freelancer. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Terutama jika menjadi seorang freelancer merupakan pengalaman pertamamu. Berikut akan diulas mengenai beberapa tips yang perlu kalian perhatikan dalam menjadi seorang freelancer.

  1. Tips pertama yang harus diperhatikan dalam menjadi seorang freelancer adalah kamu perlu meningkatkan kemampuanmu dalam berkomunikasi. Karena kamu mendapatkan pekerjaan tidak secara langsung hanya melalui email atau melalui telepon saja. Sehingga kamu perlu memiliki skill yang cukup untuk berkomunikasi dan memahami pesan atau pekerjaan yang diberikan. Sehingga tidak perlu banyak bertanya lagi.
  2. Tips kedua yang perlu kamu perhatikan dalam menjadi seorang freelancer adalah teruslah bekerja untuk memperbaiki portofoliomu. Di tengah pandemi ini pekerjaan menjadi freelancer terus meningkat sehingga kamu perlu meningkatkan kualitas diri dan portofoliomu sehingga tidak tertinggal dari yang lainnya.
  3. Tips ketiga yang harus kamu perhatikan adalah kamu perlu manajemen waktu dengan tepat. Jika kamu masih bekerja dan menjadi freelancer bukan hal yang mudah untuk mengatur waktu dengan baik. Sering kali waktu tidurmu akan tertukar dengan waktu kerjamu. Atau bahkan waktu tidurmu bisa berkurang jika kamu tidak disiplin dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan. Sehingga aturlah waktu mu sebaik mungkin. Batasi kamu mengambil pekerjaan jika pekerjaan utamamu sedang menumpuk.
  4. Tips keempat yang harus kamu perhatikan adalah soal harga yang kamu patok. Jangan mematok harga terlalu tinggi untuk kamu yang baru didunia freelancer. Biarkan banyak orang mengetahui hasil kerjamu barulah kamu dapat mematok bayaran tinggi. Berusahalah untuk fleksibel dan bersahabat soal harga.
  5. Tips kelima yang harus kamu lakukan adalah memasukkan banyak lamaran freelance. Tak cukup hanya satu perusahaan saja. Kamu bisa saja ditolak di satu perusahaan sehingga sebisa mungkin memasukkan banyak lamaran pekerjaan.

Nah itulah tadi beberapa tips yang perlu kalian perhatikan untuk menjadi seorang freelancer di tengah pandemi. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kalian dan selamat mencoba.