Spread the love

Bisnis di bidang kuliner merupakan salah satu peluang dalam mendapatkan keuntungan yang tinggi. Mengingat setiap orang pasti membutuhkan makanan sehingga tak salah jika kamu memulai untuk membuka bisnis di bidang ini. Tetapi, walau banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dan banyak orang yang beruntung di bisnis ini. Tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa saja gagal saat memulai bisnis ini.

Perlu Strategi Dalam Bisnis

Perlu ada strategi dan perhitungan yang matang sebelum memulai bisnis apa pun. Begitu pula dengan bisnis di bidang kuliner ini. Berikut akan diulas mengenai beberapa tips dalam memulai bisnis di bidang kuliner.

Tips Memulai Bisnis Kuliner

  • Tips pertama adalah makanan yang kamu jual memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Orang-orang akan mengenali makananmu dengan ciri dan keunikan yang dimiliki. Jika makananmu yang unik memiliki kesan dihati konsumen mereka akan kembali lagi. Cantumkan juga keunikan makananmu ini pada kemasan.
  • Tips kedua adalah target pasar, kamu perlu melakukan survey untuk mengetahui seberapa tertarik orang dengan produkmu. Setelah mendapatkan hasil maka kamu bisa memperkirakan berapa harga yang harus dipatok, varian rasa apa saja yang harus dibuat sehingga jelas apa yang disukai oleh konsumen.
  • Tips ketiga adalah menentukan tempat usaha atau lokasi. Kamu harus menentukan lokasi yang tepat sesuai survey yang kamu sudah lakukan. Hasil survey akan membuat kamu mengetahui dari kalangan mana konsumenmu berasal. Jika kebanyakan konsumen adalah mahasiswa maka kamu bisa membuka tempat makan di dekat kampus. Namun sebisa mungkin untuk mematok harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa atau dengan harga murah. Sehingga akan banyak pembeli.
  • Tips selanjutnya adalah dengan melakukan pemasaran produk. Saat ini pemasaran produk yang terkenal adalah melalui media sosial. Jika sudah memiliki media sosial khusus maka kamu bisa membuat postingan menarik mengenai produkmu. Strategi pemasaran selanjutnya adalah dengan membuat promo di awal pembukaan tempat makanmu. Hal ini bertujuan untuk membuat lebih banyak peminat pada awal pembukaan produk. Sehingga diharapkan jika makananmu enak mereka akan kembali dan menjadi pelanggan.

Nah itulah tadi beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.