Spread the love

Kiat Sukses Mendirikan Perusahaan Startup untuk Pemula

Kiat Sukses Mendirikan Perusahaan Startup untuk Pemula – Bisa memiliki perusahaan sendiri merupakan impian banyak orang. Namun, tidak sedikit masyarakat yang ragu apakah usaha yang dijalankannya bisa mendulang sukses atau justru mengalami kerugian. Jangankan bermimpi bisa mengembangkan usahanya, untuk memulainya saja terkadang masih mengalami kesulitan.

Sebenarnya, membangun startup tidak terlalu sulit asalkan dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Dengan memiliki pondasi yang kuat dan membawa bisnis tersebut dari satu poin ke poin berikutnya, maka bisnis tersebut memiliki peluang bisa bertahan lama. Ada beberapa kiat yang bisa anda terapkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Temukan Ide

Dalam membangun sebuah perusahaan rintisan, hal pertama yang harus dimiliki adalah ide bisnis yang berpotensi mendatangkan keuntungan dan mampu bertahan lama. Untuk menemukan ide tersebut, Anda bisa berdiskusi atau bertukar pikiran dengan sesama teman atau orang yang lebih ahli dalam hal bisnis. Atau, carilah ide dari sekitar lingkungan dan perhatikan hal-hal apa saja yang kerap mengganggu masyarakat sekitar.

Segera Wujudkan Ide

Saat sudah menemukan ide yang cemerlang dan sudah berdiskusi dengan orang yang ahli dibidangnya, jangan ragu untuk segera mewujudkan ide tersebut. Jika terlalu banyak berpikir, waktu yang berharga dan kesempatan yang ada akan terbuang percuma. Sebab, bisa jadi ide tersebut akan ditemukan oleh orang lain atau hanya akan berakhir menjadi sebuah ide semata.

Buat Perencanaan yang Matang

Ketika sudah berniat untuk mendirikan perusahaan startup, maka Anda harus membuat strategi pemasaran dan perencanaan yang matang. Dengan demikian, Anda akan bisa membuat perkiraan berapa modal yang dibutuhkan, apa saja yang harus disiapkan, berapa harga yang ditawarkan, dan berapa keuntungan yang ingin diraih. Intinya, dengan adanya perencanaan bisnis bisa menunjukkan seberapa prospek sebuah perusahaan startup tersebut.

Temukan Sumber Dana

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa bisnis startup tidak perlu modal yang besar. Namun, tetap saja dana tersebut akan dibutuhkan untuk membayar orang-orang yang bekerja di bawah Anda, untuk mengembangkan bisnis, dan membayar keperluan bulanan. Beberapa sumber dana yang umumnya digunakan untuk bisnis startup adalah dari tabungan pribadi, dari kredit bank, investasi personal, dana dari keluarga dan teman, pendanaan perusahaan, dan crowdfunding.

Tidak Ada Kantor, Gunakan Co-working Space

Tidak perlu minder jika belum bisa menyewa gedung untuk tempat aktivitas kantor. Sebagai gantinya, anda bisa memanfaatkan Co-working Space tanpa harus mengeluarkan dana yang besar untuk menyewa gedung. Selain lebih irit, Anda juga bisa bertemu dengan kelompok kerja lain dalam satu tempat. Hal ini dimanfaatkan untuk bertukar pikiran atau bahkan ada kemungkinan untuk menjalin kerja sama dengan mereka.

Saat akan mendirikan perusahaan startup diperlukan kiat khusus agar bisa bertahan dalam dunia bisnis. Sebagai pengusaha pemula, Anda harus menemukan ide cemerlang yang memiliki nilai jual dan harus segera mewujudkan ide tersebut. Selain itu, Anda juga harus membuat perencanaan yang matang dan mencari sumber dana yang potensial. Dengan menyewa ruangan di Co-working Space, Anda bisa memulai bisnis startup dan meraih sukses dengan gemilang.